Senin, 08 Agustus 2011

Kosmonot Berjalan Enam Jam di Luar Angkasa

Liputan6.com, Moskow: Dua kosmonot (astronot Rusia) pada Senin (1/8) lalu memulai 'space walk' atau berjalan kaki selama enam jam dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Keduanya ditugaskan untuk menyebarkan sebuah satelit mini dalam rangka memperingati Yuri Gagarin dan melaksanakan pekerjaan pemeliharaan rutin.

Seperti dilansir AFP, Rabu (3/8), Sergei Volkov dan Alexander Samokutyaev yang mengenakan pakaian luar angkasa khusus Rusia Orlan-K itu membuka pintu ISS pada pukul 14.50 siang waktu setempat, terlambat 20 menit dari jadwal, untuk memulai berjalan di ruang angkasa. Kegiatan mereka juga sempat disiarkan oleh televisi setempat.

Menurut badan antariksa Rusia Roskosmos, mereka menggunakan satelit mikro yang akan digunakan untuk eksperimen para pelajar dan juga memancarkan salam dalam 17 bahasa untuk memperingati peringatan 50 tahun penerbangan ruang angkasa bersejarah Gagarin pada 12 April 1961 silam.

Pakar amatir radio di bumi diharapkan dapat mendengar sinyal-sinyal mereka. Foto-foto dari potret Gagarin dan 'ayah' dari program ruang angkasa Soviet Sergei Korolyev dengan latar belakang bumi akan ditampilkan. Pasangan ini juga memindahkan kargo dari satu airlock ke lainnya dan menginstal sistem komunikasi laser prototipe. (MEL)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons