Selasa, 16 Agustus 2011

Belajar Struktur Tubuh (Anatomi) Manusia


Google selalu menciptakan inovasi-inovasi yang menarik untuk diikuti dalam perkembangan dunia maya. Satu lagi produk dari google yang admin rekomendasikan buat anda yang mempunyai minat untuk mempelajari struktur tubuh manusia adalah Google Body. Prinsip dari Google Body ini hampir sama dengan Google Earth, bedanya adalah Google Body diperuntukkan untuk menjelajah struktur tubuh manusia. Dengan menggunakan layanan ini, anda akan dipermudah untuk mengenal anatomi manusia. Struktur tubuh yang dapat anda lihat pada Google Body diantaranya: kerangka, otot, jantung, paru-paru, lambung, hati, usus, otak, dan lain sebagainya. Untuk dapat mengakses layanan ini, komputer anda harus tersambung dengan internet (Koneksi internet yang tinggi sangat dibutuhkan untuk dapat mengakses Google Body dengan lancar). Syarat lainnya adalah browser yang kita gunakan harus sudah mendukung WebGL (Web-based Graphic Library). Untuk browser mozilla firefox, versi yang mendukung WebGL adalah versi 4 keatas. Sedangkan untuk browser google chrome, versi yang sudah mendukung WebGL adalah versi 10 keatas (Admin mohon maaf, untuk browser jenis lain admin kurang tahu. Admin lebih sering menggunakan dua browser ini). Untuk lebih cepat mengetahui apakah browser anda support WebGL atau tidak, silahkan anda akses URL Google Body pada alamat http://bodybrowser.googlelabs.com/. Jika browser anda tidak support WebGL, maka akan ditampilkan gambar seperti berikut ini

Tampilan yang muncul jika browser anda tidak support WebGL

Jika browser yang anda gunakan google chrome versi 10 keatas, layanan Google Body ini dapat langsung anda akses. WebGL dari google chrome versi 10 keatas bagi pengguna windows akan tersetting secara otomatis. Hal ini berbeda jika anda menggunakan mozilla firefox versi 4 keatas. WebGL Mozilla firefox yang anda gunakan harus disetting terlebih dahulu, caranya dengan mengetikkan about:config pada address bar. Lalu pada pesan peringatan yang muncul, clicklah tulisan "I'll be careful, I promise". Pada tampilan berikutnya aktifkanlah Webgl.force-enabled dengan cara mendouble click tulisan tersebut (Jika sudah aktif, valuenya = true).

Tampilan Google Body pada mozilla firefox versi 4 keatas
yang WebGL-nya belum diaktifkan

Jika mozilla firefox anda sudah disetting dengan benar, ketikkanlah alamat situs Google Body pada address bar anda (atau gunakan google chrome versi 10 keatas). Pada tampilan yang muncul, clicklah tombol "Go To Google Body"


Pada tampilan berikutnya anda dapat belajar mengenal susunan tubuh manusia. Pergunakanlah menu yang terdapat pada sisi kiri Google Body untuk melihat organ-organ tubuh manusia. Anda juga dapat melihat tampilan tubuh tersebut dari berbagai sisi.





Google Body ini juga dapat menjadi media bagi guru biologi yang sekolahnya sudah menggunakan peralatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, proses belajar mengajar didalam kelas atau laboratorium terasa lebih menggairahkan :) Semoga kedepannya Google Body ini dapat menampilkan gambar/foto organ tubuh manusia yang asli seperti halnya google earth yang menampilkan foto asli dari satelit untuk beberapa kawasan atau daerah.


sumber dari http://komputersmpn1parapat.blogspot.com

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons