Kamis, 11 Agustus 2011

Resiko Daging Merah


REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Dua iris bistik, hot dog, atau daging sapi cincang dalam aneka hidangan secara signifikan meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2. Demikian hasil penelitian   para ahli di Harvard School of Public Health. Studi kali ini adalah yang terbesar dari jenisnya sampai saat ini dan dipublikasi di American Journal of Clinical Nutrition.
Makan 50 gram daging merah olahan setiap hari meningkatkan risiko diabetes seseorang sebesar 51 persen, sementara makan 100 gram daging merah olahan setiap hari, dengan ukuran sebesar setumpuk kartu, meningkatkan risiko sebesar 19 persen.
Namun, risiko tersebut turun jika daging merah diganti dengan kacang, daging putih, susu rendah lemak, atau protein gandum.
"Jelas, hasil dari studi ini memiliki implikasi kesehatan besar publik yang diberikan konsumsi meningkat epidemi diabetes tipe 2 dan peningkatan daging merah di seluruh dunia," kata penulis senior Frank Hu.
"Kabar baiknya adalah bahwa faktor risiko dapat diimbangi dengan menukar daging merah dengan protein sehat."
Data untuk penelitian ini berasal dari kuesioner tanggapan dari lebih dari 204.000 orang di AS perawat dan studi kesehatan profesional. Subyek yang diamati berusia antara 14 dan 28 tahun.
Para peneliti juga diperbarui meta-analisis yang mencakup data mereka dengan penelitian lain yang mencakup lebih dari 442.000 peserta.
Diabetes mempengaruhi hampir 350 juta orang dewasa di seluruh dunia, dan lebih dari 11 persen orang dewasa di atas usia 20 - atau 25,6 juta orang.
Diabetes tipe 2 sering disebabkan oleh obesitas, kurang olahraga, dan kebiasaan makan yang tidak sehat.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons