Jumat, 22 Juli 2011

'SHELTER', Banyak Pribadi Dalam Satu Tubuh





Pemain: Julianne MooreJonathan Rhys Meyers
Rating: 2 star
Oleh: Fatchur Rochim
Sinopsis
Buat Cara Harding (Julianne Moore) berhadapan dengan pribadi yang unik sampai berbahaya sekalipun bukanlah sesuatu yang aneh. Sebagai seorang psikiater, itu sudah makanan sehari-harinya. Cara tak mengira bakal bertemu sosok yang sangat unik seperti David (Jonathan Rhys Meyers). Cara memang tak percaya soal kepribadian ganda tapi kasus yang satu ini memang berbeda.
David diduga memiliki kepribadian ganda. Dalam kasus tertentu, David bisa berubah menjadi Adam, sosok yang benar-benar berbeda. Bukan hanya itu, catatan medis juga menunjukkan bahwa David dan Adam adalah dua orang yang berbeda. Bagaimana mungkin ini bisa terjadi? Semakin lama, Cara semakin tertarik menyelidiki sosok David dan Adam ini.
Semakin jauh Cara menyelidiki, fakta yang ia temukan semakin membingungkan. Seolah-olah ada dua jiwa dalam diri pria ini dan dua-duanya adalah orang yang benar-benar pernah ada. Siapa sebenarnya David? Benarkah ia juga Adam seperti yang ia katakan? Sebelum pertanyaan ini terjawab, misteri lain mulai muncul dan misteri ini mulai merenggut nyawa orang-orang di sekitar Cara.
Review
Tak banyak film yang mengusung kisah tentang multiple personality alias kepribadian ganda. Salah satu yang paling berkesan mungkin adalah IDENTITY yang beredar tahun 2003 lalu. SHELTER ini juga berpijak pada inti cerita yang sama dan sepertinya ini adalah obsesi Michael Cooney, sang penulis naskah dua film tadi. Berbeda denganIDENTITY yang memukau hingga di detik-detik terakhir, SHELTER ini malah gagal membangun ketegangan yang sama.
Di titik awal, film ini begitu menjanjikan. Hingga mencapai hampir setengah perjalanan, penonton masih dibuat bertanya-tanya tentang sosok Adam/ David yang misterius. Perlahan-lahan fakta mulai diungkap dan pada saat penonton mulai melihat titik terang, saat itu juga semuanya berubah total. Seketika film yang semula kental mengusung tema psychological thriller ini berubah menjadi film horor standar.
Akting Jonathan Rhys Meyers sebagai Adam/ David memang cukup bagus meskiJonathan sepertinya tak bisa membuat dua sosok yang ada di dalam dirinya berimbang. Sebagai sosok David, Jonathan terlihat sangat meyakinkan namun sebaliknya saat ia berubah menjadi Adam, Jonathan mulai kehilangan kemampuan untuk terlihat meyakinkan. Tak bisa disalahkan karena memerankan dua karakter yang bertolak belakang seperti ini memang bukan pekerjaan mudah. Alhasil, Julianne Moore yang terlihat lebih bersinar.(kpl/roc)
Genre:Horror
Release Date:March 27, 2010
Director:Måns Mårlind, Björn Stein
Screenplay:Michael Cooney
Producer:Emilio Diez Barroso, Darlene Caamano Loquet, Mike Macari, Neal Edelstein
Distributor:The Weinstein Company
Runtime:112 minutes
Budget:US$22 million
Official Site:www.shelter-movie.jp

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons