Sabtu, 23 Juli 2011

Penjelasan Tentang PPC


Apa yang dimaksud dengan Pay Per Click (PPC) ?

Pay Per Click (PPC), adalah salah satu bentuk Bisnis Online berbentuk Iklan yang pembayarannya berdasarkan Click (Klik). Situs-situs yang menyediakan jasa PPC adalah Google Adsense untuk yang Internasional Kumpul Blogger dan AdsenseCamp Khusus Indonesia ada juga ada situs-situs Lokal Indonesia yang menyediakan jasa PPC. Untuk PPC lokal Indonesia akan dibahas di tulisan lain. Dalam Pay Per Click, ada 2 bagian yang terlibat yaitu Advertiser (Pemasang Iklan) dan Publisher (Penayang Iklan).

Advertiser, adalah pihak yang memasang iklan. Advertiser ini akan membayar ke penyedia jasa PPC atas iklan yang dipasangnya. Advertiser akan membayar jika iklannya di klik. Biaya iklan didasarkan atas per klik yang besarnya bervariasi tergantung penawaran kita. Semakin besar harga penawaran per klik, semakin besar peluang iklannya muncul. Tetapi ada juga harga per klik yang tetap, misalnya Rp 500 per klik. Untuk memasang iklan di PPC, advertiser harus membayar terlebih dahulu, investasi terebih dahulu dengan jumlah tertentu. Jumlah investasi ini akan berkurang jika iklannya ada yang meng klik. Makin banyak klik, maka uangnya makin habis.


Publisher, adalah pihak yang menerbitkan / menayangkan iklan. Publisher menyediakan situs / web / blog untuk tempat memasang iklan. Iklan PPC ini diambil dari penyedia jasa PPC, dengan cara mengambil kode iklan, lalu dipasang di situs kita. Apabila iklan di situs kita ini ada yang meng klik, maka kita dibayar oleh penyedia jasa PPC, yang perhitungannya per klik. Besarnya bayaran per klik ini bervariasi, tergantung penyedia jasa PPC, ada yang membayar sesuai dengan prosentase dan ada juga yang membayar dengan harga tetap.

Salah satu Model Bisnis Online yang bisa dijalankan oleh pebisnis online / internet marketer adalah Pay Per Click (PPC).

Ada beberapa keuntungan yg akan diperoleh bila punya strategi PPC maksimal :



1. PPC bisa menampilkan iklan promosi kita pada seluruh tingkatan sosial pada lapisan komunitas online. Dari situs buat orang kaya, orang miskin, situs jompo, maupun situs bocah. Tanpa kecuali, semua situs yg ditulisi kode adwords produk kita, bisa menjadi alat promosi.

2. Desain iklan PPC itu mudah. Kita tidak butuh pengetahuan komputer mendalam.

3. Sekilas, Biaya iklan PPC itu mahal dan keamanan iklan juga rawan. Mungkinkah ada orang yg curang klik iklan kita ? Jelas perbuatan manusia cule barusan itu membuat kita harus membayar nota biaya yg besar padahal tidak profit yg kita peroleh, baik dalam sisi pemasukan maupun sisi promosi brand. Tapi jangan khawatir karena telah disediakan proteksi. Jaringan situs PPC, umumnya, sudah berhasil lacak klik bohong atau click fraud.

4. Kita bisa mensetting biaya pengeluaran maksimal untuk periode tertentu. Pada saat budget habis setelah diklik sekian kali, maka ads / iklan online kita tidak akan ditampilkan sampai periode berikutnya.

5. Pemasang Iklan mampu dengan mudah membaca trend demand terkini sehingga bisa cepat adaptasi mengikuti trend.

Dalam memutuskan strategi promosi Pay per click (PPC) yg tepat, ada baiknya, kita memikirkan goal (objektif) dan resource (sumber daya). Keduanya bisa dioptimasi agar anggaran tidak bobol. Rahasia sukses bisnis internet sepenuhnya berada pada tanganmu. Semoga kita mendapatkan apa yg kita inginkan.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons