Minggu, 10 Juli 2011

Magnet Terkuat di Dunia buatan Jerman

Ilmuwan Jerman berhasil memecahkan rekor dunia baru setelah menghasilkan medan magnet buatan terkuat dunia. Medan magnet ini 10 ribu kali lebih kuat dari magnet biasa.

medan magnet
Menakjubkannya lagi, medan magnet ini 10 kali lebih kuat dibanding pemecah atom terbesar dunia Large Hadron Collider (LHR) di CERN.

Medan magnet buatan sendiri ini memiliki kekuatan 91,4 Tesla. Rekor sebelumnya yakni sebesar 89 Tesla yang dipecahkan ilmuwan Los Alamos National Laboratory.

Sergei Zherlitsyn dan rekan di High Magnetic Field Laboratory Dresden (HLD) membangun 200 kg koil yang terbuat dari tembaga berlapis Kevlar, bahan untuk rompi antipeluru. Untuk dua perseratus detik dialirkan aliran listrik melalui koil untuk menghasilkan medan magnet dengan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Kami tak benar-benar tertarik mencapai nilai medan tertinggi, namun sekadar menggunakannya untuk riset materi sains,” ujar Direktur HLD Joachim Wosnitza.

"Makin kuat medan magnet, makin akurat ilmuwan mampu memeriksa properti zat yang digunakan dalam sirkuit elektronik dan superkonduktor," jelas Wosnitza.

Sementara itu, ilmuwan National High Magnetic Field Laboratory di Los Alamos sedang membuat magnet yang dirancang menghasilkan 100 Tesla medan magnet yang diharapkan mengoyak rekor dunia Zherlitsyn.


source

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons