Kamis, 14 Juli 2011

Diet Iseng Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Diet dengan mengatur pola makan dan hidup sehat memang dapat menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit mematikan. Tapi bila diet dilakukan secara iseng, aneh dan tidak berkelanjutan, justru dapat berbahaya bagi kesehatan.

Diet yang sehat memang penting untuk menangkal berbagai berbahaya penyakit seperti penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Namun laporan dari Future Foundation menunjukkan bahwa kebanyakan warga Inggris mengikuti diet rendah lemak dengan mengurangi vitamin dan mineral yang diperlukan. Diet ini juga tidak dilakukan secara berkelanjutan, kadang dilakukan dengan cara aneh dan hanya sekedar iseng.

"Diet seperti ini tidak berkelanjutan, sering memiliki efek samping buruk dan dalam beberapa kasus yang sebenarnya sangat tidak sehat," ujar Jenny Allan, ahli gizi klub penurunan berat badan Slimming World, seperti dilansir dari Netdoctor, Rabu (13/7/2011).

Meskipun banyak pendidikan baru yang mengkampanyekan makan sehat, kenyataannya masih banyak orang yang melakukan diet harian yang di luar keseimbangan gizi.

"Apakah ini karena terobsesi dengan menghitung kalori, sedang berjuang membayar untuk makan sehat atau kurangnya waktu untuk berpikir tentang apa yang dimakan, jika terus dilakukan dengan cara ini, akan berdampak serius pada kesehatan kita, baik dalam jangka pendek maupun panjang di masa depan," jelas Dr Frankie Phillips, seorang ahli gizi.

Jenny Allan juga mengatakan ia telah melihat di beberapa klub terjadi peningkatan jumlah orang yang mencoba diet 'aneh' atau diet iseng dalam upaya menurunkan berat badan dengan cepat.

Diet yang dilakukan karena sekedar iseng juga biasa disebut dengan diet yoyo. Diet yoyo adalah orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badannya, tapi kemudian bertambah lagi berat badannya setelah berhenti diet. Program diet tubuh yang tidak konsisten bisa memberikan efek buruk bagi tubuh.

Ada bahaya yang dapat ditimbulkan dari diet yoyo, antara lain seperti dilansir Weightlosscenter.net:

  1. Gangguan frustasi dan depresi
  2. Membuat bentuk tubuh seseorang lebih buruk dibandingkan sebelumnya
  3. Gangguan metabolisme tubuh
  4. Jumlah lemak dalam tubuh akan semakin bertambah
  5. Bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.
 


(mer/ir) 


0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons