Kamis, 14 Juli 2011

Bakar Banyak Kalori Dengan Hulahop


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Bermain hula hoop cukup efektif membakar kalori sekaligus mengencangkan perut dan pinggang. Namun banyak yang cepat bosan melakukannya karena gerakannya cenderung konstan, sehingga butuh variasi supaya lebih menyenangkan. Dengan gerakan seperti ini jadi tidak bosan dan bakar banyak kalori.

Manfaat hula hoop bagi kesehatan pernah dibuktikan oleh John Porcari, seorang ahli kebugaran dari University of Wisconsin-La Crosse. Dalam penelitiannya, Porcari mengugnkap bahwa kalori yang terbakar saat main hula hoop sama banyaknya dengan jalan kaki 7 km/jam atau agak terburu-buru.

Sayangnya banyak orang cepat bosan saat memainkan hula hoop, karena gerakannya konstan atau hanya diulang-ulang. Padahal ada banyak variasi yang bisa dilakukan dengan alat berbentuk lingkaran yang biasanya dibuat dari rotan atau plastik ini.

Sebelum memilih variasi gerakan, pertama-tama pilih ukuran hula hoop yang seusia dengan kebutuhan. Makin besar diameter hula hoop, makin mudah memainkannya. Untuk pemula, pilih yang memiliki diameter sekitar 1 meter dan berat antara 0,5 hingga 1 kg.


Jika sudah nyaman dengan bentuk dan ukuran hula hoop, mulailah mencoba beberapa variasi gerakan seperti dikutip dari Health.com, Rabu (6/7/2011) berikut ini.

1. Gerakan ke depan-belakang
Jika ingin hula hoop berputar searah jarum jam, posisikan kaki kiri agak ke depan dan sebaliknya jika ingin memutarnya berlawanan arah jarum jam, kaki kanan berada di depan. Mulailah dengan meletakkan hula hoop menempel di punggung, lalu mainkan dengan gerakan pinggul ke depan dan ke belakang.

2. Gerakan menyamping
Berdirilah dengan posisi kaki sejajar namun agak renggang, usahakan lebih lebar dari bahu. Gerakaan pinggul ke kiri dan ke kanan dengan cara memindahkan tumpuan berat badan antara kaki kanan dan kaki kiri.

3. Gerakan memutar 360 derajat
Menjaga keseimbangan saat melajukan gerakan memutar pinggul caranya sama seperti gerakan ke depan-belakang, yakni salah satu kaki berada agak ke depan. Kaki sebelah mana yang ada di depan ditentukan berdasarkan arah putar hula hoop yang diinginkan, apakah searah jarum jam atau berlawanan.

4. Gerakan halo
Untuk melakukan gerakan ini, pilih hula hoop yang tidak terlalu berat lalu genggam dengan posisi terlapak tangan menghadap ke bawah. Posisi lengan harus lurus ke samping atau ke depan, lalu putar hula hoop agar mengitari telapak tangan dengan gerakan vertikal. Lakukan bergantian dengan tangan kanan dan kiri. Biarkan ibu jari dalam posisi terbuka untuk menahan supaya hula hoop tidak lari ke lengan.

5. Gerakan halo sambil berdoa
Posisikan tangan di atas kepala, kedua tangan saling bertemu seperti sedang menyembah. Putar hula hoop dengan gerakan horisontal, bertumpu pada kedua telapak tangan dan ditahan agar tidak turun ke kepala dengan ibu jari agak dibuka.

6. Sambil berjalan
Cara yang paling mudah untuk memutar hula hoop sambil berjalan adalah menggunakan gerakan ke depan-belakang. Bagian tersulit adalah saat memindahkan tumpuan antara kaki kiri dan kanan saat bergerak ke depan. Agar hula hool tidak jatuh, lakukan gerakan melangkah saat posisi hula hoop berada di depan pinggul.

7. Berpindah tangan
Kali tubuh atau tangan tidak berada di dalam lingkaran, tapi hula hoop diputar mengitari tubuh. Caranya, pegang hula hoop dengan tangan kiri dalam posisi horisontal (lurus ke samping) lalu gerakkan ke depan. Sambut dengan tangan kanan, tangkap lalu teruskan dengan membawanya ke belakang searah jarum jam. Sesampainya di belakang punggung, sambut dengan tangan kiri lalu bawa ke depan lagi, demikian seterusnya.

8. Melompat ke dalam
Jika waktu kecil sering bermain lompat tali, kali ini gunakan hula hoop yang diameternya agak besar sebagai alat bantunya. Ada 2 variasi gerakan yakni lompatan menyamping atau ke depan-belakang. Prinsipnya adalah memutar hula hoop, lalu melompat agar hula hoop bisa berputar melintasi seluruh tubuh lewat kedua kaki.

(up/ir) 


0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons