Minggu, 18 Desember 2011

Gila!!! Cuma 1 Menit 22 Detik Tapi Bayarnya Rp 500 Ribu!!!


Wajib baca ini gan, sebelum pergi ke dokter!!!

Waktu kecil saya heran kenapa ya banyak orang bercita-cita jadi dokter? Bahkan sampai boneka Susan yang dimainkan Ria Enes juga mempunyai keinginan jadi dokter. Gila ya? Dan keheranan saya makin menjadi-jadi ketika temen-temen saya yang udah jadi dokter, ternyata hidupnya biasa-biasa aja tuh. Rumahnya sederhana, mobilnya standar, pokoknya mereka jauh banget untuk dimasukin ke kategori kaya.

Seorang temen yang bukan dokter bilang, “Bud, tau ga kenapa temen-temen kita ga kaya-kaya?”
“Kenapa?” Saya balik tanya dengan perasaan ingin tahu yang membukit.
“Soalnya mereka udah puas cuma jadi dokter umum sih. Coba kalo mereka ambil spesialisasi, pasti kebanjiran uang tuh.”Begitu argumentasinya.

Saya ga gitu ambil pusing sama omongan temen saya di atas. Sampai suatu hari saya mengalami kelainan tulang belakang. Saya takut banget kalo punggung saya lagi kumat. Soalnya sakitnya gila banget. Menurut Dokter yang selama ini merawat saya, memang rasa sakit yang diderita luar biasa menyiksa. Karena sebagai vertebrata atau makhluk bertulang belakang, pusat segala syaraf berkumpul di daerah punggung.

Nama penyakit saya adalah HNP atau Hernia Nucleus Pulposus (Semoga betul nulisnya). Kalian tau kan? Tulang punggung terdiri atas ruas-ruas tulang dari atas ke bawah. Di antara tiap-tiap ruas terdapat jelly yang berfungsi sebagai per atau sebagai shockbreaker. Jelly itulah yang menyebabkan kita tidak merasa sakit kalo lompat ke bawah dari tempat yang tinggi.

Nah, sumber dari penyakit saya adalah terjadinya pengeringan pada jelly tersebut. Karena kering, akibatnya terjadi pergesekan antara sesama ruas tulang. Pergesekan antara tulang itu yang menyebabkan kesakitan luarbiasa. Sebelnya pengeringan itu terjadi pada 3 bagian lumbal. Lumbal 1, lumbal 3 dan lumbal 5. Ampun! Satu aja udah sakit banget, ini kok malah 3?

Sampe sekarang saya ga pernah tau apa penyebabnya. Bahkan dokter aja ga bisa ngasih jawaban yang pasti. Katanya penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena waktu kecil jatuh tapi ga diperdulikan sehingga baru terasa pas udah gede. Bisa juga karena keseringan jatuh jadi pelan-pelan mulai merongrong ketangguhan tulang punggung. Bisa juga karena berolahraga terlalu keras (bulutangkis misalnya). Dan jawaban yang paling ga asyik adalah; mungkin aja saya terlahir lemah punggungnya. Huh! Kalo jawabannya begitu mah saya juga bisa jadi dokter.

Dokter yang ngerawat saya akhirnya angkat tangan. Dia merekomendasikan saya untuk konsultasi ke Dokter bedah tulang. Namanya Dokter Niki, dan praktek di sebuah rumah sakit besar di bilangan Jakarta Selatan.
Dan di sinilah saya mulai memahami kenapa profesi dokter begitu digandrungi. Dokter Niki pasiennya banyak banget. Begitu banyaknya sehingga Dokter itu menggunakan 4 kamar praktek sekaligus. Di rumah sakit kan selalu ada lorong yang di kiri-kanannya terdiri atas kamar-kamar praktek. Nah Dokter Niki memakai 4 kamar sekaligus, masing-masing dua kamar yang berhadapan satu sama lain.

Saya disuruh nunggu di salah satu teras kamar praktek. Saya nunggu lama banget mungkin ada satu jam kali.

“Bapak Budiman Hakim.” teriak salah seorang perawat.
Alhamdulillah akhirnya nama saya dipanggil. Saya dipersilakan masuk ke dalam ruang praktek. Tapi dokternya ga ada di dalam sana. Setelah nunggu 10 menit, saya ke luar dan menemui si perawat.

“Suster, dokternya mana? Saya kayak orang bego sendirian dalam ruang praktek.”
“Oh dokternya masih di ruang yang itu.” sahutnya sambil menunjuk ke arah kamar praktek yang letaknya persis di kamar praktek tempat saya tadi.
“Oh gitu, dari sana ntar dia langsung ke saya?”
“Belom. Dari sana dokternya akan ke kamar yang itu…” katanya sambil menunjuk ke ruang di sebelah ruang praktek yang tadi dia tunjuk. “…abis itu dia akan ke kamar yang ini…” katanya lagi sambil menunjuk kamar praktek di sebelah kamar saya tadi.

“Gile! Setelah itu baru ke kamar saya?”
“Iya betul.”
“Waduh. Saya kayak orang bego dong sendirian dalam ruang praktek.”
“Sabar ya Pak. Soalnya pasiennya banyak sekali.”
“Berapa pasien biasanya perhari Sus?”
“Rata-rata 50 orang lah.”


Saya ngelongok ke arah jam, aduh udah setengah jam saya di sini, jadi total udah nunggu satu setengah jam. Jam terus berdetak sangat lambat. Lain kali saya bawa buku ah kalo ke sini lagi. Atau bawa Play station Portable (PSP) buat membunuh waktu.

Jarum jam terus bergerak, udah lebih dari dua jam saya nunggu sampai akhirnya dokternya dateng ke ruangan itu.

“OK Pak Budiman, saya sudah mempelajari berkas Bapak. Saya ga bisa bilang bahwa Bapak punya penyakit HNP.”

“Jadi gimana dong Dok?” tanya saya bingung.
“Bapak MRI (Semacam scanning) dulu aja ya. Ini saya buatin surat pengantarnya. Kalo udah selesai minggu depan bawa hasilnya ke saya.”
“Jadi sekarang ga ada kesimpulan apa-apa nih Dok?”
“Apa yang mau disimpulkan? Hasil MRI itu akan berbicara banyak. OK, sampai ketemu lagi minggu depan.”

Abis ngomong gitu, dokter itu meraih tangan saya yang ada di meja lalu menyalami saya dengan hangat. Tanpa menunggu mulut saya yang udah siap melontarkan banyak pertanyaan, dia langsung ngeloyor ke luar dan menuju ruang yang ada di seberang.

Saya masih bengong dengan muka tolol. Ya udahlah, pasiennya banyak banget sehingga dia harus efisien dengan waktu, saya mencoba memahami. Sekali lagi saya melirik ke arah jam tangan saya, mengkalkulasi berapa lama saya ketemu dokter tadi. Hmmm… tepatnya 1 menit, 22 detik.

Setelah itu saya pun pergi ke arah loket kasir. Si kasir menerima bukti konsultasi lalu mengetik-ngetik tuts keyboard komputernya. Ga lama kemudian dia berkata dengan suara lantang, “Pak Budiman, karena belum ada terapi atau injeksi, maka biaya yang dikenakan cuma biaya konsultasi aja.”

“OK, berapa Mbak?” sahut saya sambil mengeluarkan dompet.
“Pas Rp 500 ribu Pak.”


Hah??? Gopek? Saya kembali bengong dengan wajah lebih tolol dari sebelomnya. Gila banget nih. Masa gue disuruh nunggu lebih dari 2 jam,
ketemu dokternya cuma 1 menit 22 detik tapi bayarnya Rp 500 ribu?


Sumpah mampus saya ga rela bayar Rp 500 ribu cuma buat ketemu dokter selama 1 menit 22 detik. Kalo harus bayar 500 ribu mbok ya buatlah saya merasa pantas untuk membayar sebesar itu. Ngobrol kek sebentar lalu kasih saya nasihat atau dukungan bahwa saya akan segera sembuh. Ini cuma ngbrol 1 menit 22 detik masa saya harus bayar 500 ribu?

Otak saya terus berkalkulasi, kalo hari ini ada pasien 50 orang berarti 500 ribu dikali 50 orang. Jadi sehari dia bisa dapet Rp 25 juta? Dan di hari yang sama dia tidak hanya praktek di satu tempat loh. Kalo dua tempat berarti total Rp 50 juta/hari. Kalo dalam seminggu dia praktek 5 hari maka dia berpenghasilan Rp 250 juta seminggu? Kalo sebulan? Dia bisa dapetin Rp 1 M….

sumber: http://www.k4skus.us/showthread.php?t=8816840

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons